Rabu, 19 Oktober 2011

LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the Indonesian 8th Grade Students

Marsigit, Mathilda Susanti, Elly Arliani
Yogyakarta State University, Indonesia
Reviewed by : yunia indri hapsari (09301241034), http://yunia-indri.blogspot.com
Dalam studi ini, para peneliti berusaha untuk mengungkap aspek upaya siswa dalam mengembangkan metode matematika dalam mempelajari total luas sebuah silinder lingkaran tegak dan bola serta volume kerucut lingkaran tegak dari siswa kelas 8 SMP.
Krygowska (1980) dalam Bonomo MFC menunjukkan bahwa matematika harus diterapkan pada situasi alami, dalam setiap masalah nyata yang muncul, dan untuk menyelesaikannya, perlu menggunakan metode matematika. Pengetahuan, keterampilan, dan metode matematika merupakan dasar untuk mencapai pemahaman  tentang ilmu pengetahuan, informasi, dan bidang pelajaran lain di mana konsep-konsep matematika adalah pusat. Studi ini menemukan bahwa guru memiliki peran penting untuk mendorong siswa mereka untuk mengembangkan metode matematika.
 Dalam Lesson Study, para peneliti berusaha untuk mengungkap gambaran di mana guru diupayakan untuk mempromosikan metode matematika dalam mempelajari total luas sebuah silinder lingkaran tegak dan bola serta volume kerucut lingkaran tegak. Hasil penelitian yang amat terlihat  dapat dinyatakan bahwa metode matematika siswa dapat ditelusuri melalui skema kegiatan belajar mengajar sebagai berikut:

1. Masalah Pembentukan dan Pemahaman itu muncul ketika para siswa:
a.
Mengamati model tertentu dari silinder lingkaran tegak, mengamati model tertentu dari bola, dan mengamatii model tertentu kerucut lingkaran tegak
b. mengidentifikasi komponen-komponen dari silinder lingkaran tegak, bola, dan kerucut lingkaran tegak
c. mendefinisikan konsep silinder lingkaran tegak, bola, dan kerucut lingkaran tegak,
d. mendapat pertanyaan dan pemberitahuan dari guru untuk mencari konsep-konsep

2. Membangun Perspektif ketika para siswa:
a. menggunakan model yang konkret untuk mencari luas total silinder lingkaran tegak, area bola dan volume kerucut lingkaran tegak
b. belajar bahwa tinggi silinder yang tepat adalah sama dengan lebar persegi panjang tersebut; dan keliling lingkaran adalah sama dengan panjang persegi panjang
c. panduan belajar guru untuk memahami prosedur bagaimana untuk mencari volume kerucut lingkaran tegak
d. pisah-pisahkan model silinder lingkaran tegak menjadi komponen-komponennya

3. Solusi muncul ketika para siswa:
a. mencoba untuk mencari tahu luas permukaan silinder lingkaran tegak
b. mencoba untuk mengetahui total luas silinder lingkaran tegak
c. mencoba untuk mengetahui luas bola
d. mengumpulkan data dari pengukuran volume kerucut dibandingkan dengan volume silinder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar