Minggu, 09 Desember 2012

APAKAH ALAM GHAIB ITU SEBUAH MITOS??



Mungkin pernah suatu ketika kita bertanya dalam hati, penasaran, apakah benar alam ghaib itu ada. Apa yang ada dalam alam ghaib sana. Mengapa disebut ghaib? apakah karena tak tampak? Lalu bagaimana dengan mereka yang bisa melihat alam ghaib, apakah tetap menyebut alam itu dengan sebutan ghaib? Astaghfirullahal’adzim, sungguh kita harus erat-erat memegang iman kita kepada Allah SWT dan selalu memohon petunjuknya.
Jika yang dimaksudkan dengan ghaib itu adalah Jin maka pastilah hal tersebut benar adanya karena dalam Kitab suci Al-Qur’an jelas tertulis bahwa Allah telah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Allah telah menciptakan jin dan manusia dari materi yang berbeda satu sama lain. Mungkin agar jin dan manusia tak bisa saling sapa, tak bisa saling cek cok atau berperang. Lihat saja sekarang, sesama manusia saja sudah sering terjadi perang dan pertumpahan darah. Tak terbayang ketika manusia diciptakan dengan unsur-unsur yang sama dengan jin sehingga mereka bisa berinteraksi, entah kekacauan yang seperti apa yang akan terjadi di dunia ini.
Ada pendapat bahwa alam ghaib itu adalah alam yang tidak dapat disaksikan oleh panca indera kita. Tak dapat dilihat dengan mata, tak dapat dicium dengan hidung, tak dapat diraba dengan kulit dan seterusnya. Pendapat lain mengapa sesuatu itu ghaib, karena ia terjadi di masa lampau yang realitasnya hanya dapat kita perkirakan dengan pikiran saja. Kemudian, karena sesuatu ini sangat jauh, belum terjadi, belum tercipta maka ia akan menjadi ghaib bagi kita. Adapula alasan suatu makhluk dikatakan ghaib karena Allah tidak memberikan jasad padanya, seperti malaikat dan jin.
Jika kita berbicara tentang makhluk ghaib yang digambarkan dengan bentuk yang berbagai macam, seperti kuntilanak, pocong ataupun makhluk-makhluk mengerikan lainnya, maka akan muncul kebimbangan lagi, percaya atau tidak percaya. Kalau perkara jin, maka jelaslah kita wajib percaya adanya. Tapi kalau tentang makhluk mengerikan seperti di atas, maka masih akan timbul banyak pendapat dari banyak manusia. Mungkin saja makhluk itu adalah jin yang menjelma menyerupai rupa-rupa yang demikian karena mereka merasa terganggu dengan ulah manusia atau apapun itu. Yang jelas, kita sesame makhluk ciptaan Allah SWT harus saling menghargai dan menghargai. Yakinlah ketika kita menghormati keberadaan para jin dan tidak mengganggunya maka mereka juga akan berlaku demikia.

2 komentar:

  1. :) btul, saling menghargai,,, manusia dengan manusia,,,begitupun manusia dengan mahluk lain,,,.

    Menghargai bukan berarti harus memberikannya sesuatu yang mereka inginkan, tetapi menghargainya dengan sesuai aturan Islam,,,.

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus