By:
Dr. Marsigit, M.A.
Department of Mathematics Education
Yogyakarta State University
Dirangkum oleh :
Yunia Indri Hapsari (09301241034)
Transformatif Pembelajaran
· Pelajar banyak mengalami kejadian, dimana kejadian tersebut menunjukkan perbedaan antara apa yang mereka pikirkan, yang mereka ketahui dan apa yang sebenarnya terjadi dalam kenyataannya.
· Versi awal dari teori ini mengidentifikasi bahwa kejadian tersebut adalah kejadian tunggal, setelahnya penelitian mencatat bahwa “beberapa kejadian mungkin akan bergabung untuk memulai suatu proses”.
· Pelajar mulai mengartikulasikan asusmsi mengenai model umum pikiran mereka dan bagaimana informasi baru ini cocok dengan pemikirannya.
· Pelajar kemudian mulai menginvestigasi sudut pandang lain.
· Pelajar kemudian menyatukan orang lain dalam diskusi mengenai asusmi awal dan informasi yang baru dipelajari selama mereka mencari ide dan kenyataan.
· Pelajar kemudian memperbaiki asumsinya agar lebih cocok dengan situasi yang baru.
· Pelajar mulai mempraktikan asumsi tersebut.
PMCI (Park City Mathematics Institue)
Model Perkembangan Profesional
· Melanjutkan belajar dan berlatih matematika
· Menganalisa dan memperbaiki kembalipraktik dalam kelas
· Menjadi narasumber bagi teman (kolega) dan profesinya
· Memahami isi dari matematika
· Menjadikan belajar siswa sebagai tujuan pokok
· Terpusat pada apa yang dilakukan guru saat mengajar atau praktek
· Gunakan pengetahuan dan keahlian guru
Peranan guru dalam proses pembelajaran :
· Berusaha memahami cara berpikir siswa
· Membantu siswa mengartikulasikan ide mereka, baik secara lisan maupun penulisan
· Menciptakan atmosfer kelas yang baik dan sesuai untuk siswa memikirkan pemecahan dari suatu masalah
· Memberikan pertanyaan yang mendorong siswa berpikir lebih luas
· Memfasilitasi diskusi kelas mengenai ide-ide penting dalam matematika
Komponen dari Pendidikan Matematika yang baik:
· Guru yang professional
· Seimbang antar praktik komputasi, menyelesaikan suatu masalah matematika , dan pemahaman konsep
· Seimbang antara instruksi dan “discovery learning”
· Buku panduan yang baik
· Mengarahkan kebutuhan siswa dengan kompetensi yang ada dalam matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar