Rabu, 14 September 2011

Pelatihan Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran bertaraf Internasional (20 AGUSTUS 2009) A CRITICAL LOOK AT INTERNATIONAL LEVEL OF MATHEMATICS EDUCATION


By:
Dr. Marsigit, M.A.
Department of Mathematics Education
Yogyakarta State University
                                                                                                            Dirangkum oleh :
                                                                                                Yunia Indri Hapsari (09301241034)

Transformatif Pembelajaran
·         Pelajar banyak mengalami kejadian, dimana kejadian tersebut menunjukkan perbedaan antara apa yang mereka pikirkan, yang mereka ketahui dan apa yang sebenarnya terjadi dalam kenyataannya.
·         Versi awal dari teori ini mengidentifikasi bahwa kejadian tersebut adalah kejadian tunggal, setelahnya penelitian mencatat bahwa “beberapa kejadian mungkin akan bergabung untuk memulai suatu proses”.
·         Pelajar mulai mengartikulasikan asusmsi mengenai model umum pikiran mereka dan bagaimana informasi baru ini cocok dengan pemikirannya.
·         Pelajar kemudian mulai menginvestigasi sudut pandang lain.
·         Pelajar kemudian menyatukan orang lain dalam diskusi mengenai asusmi awal dan informasi yang baru dipelajari selama mereka mencari ide dan kenyataan.
·         Pelajar kemudian memperbaiki asumsinya agar lebih cocok dengan situasi yang baru.
·         Pelajar mulai mempraktikan asumsi tersebut.

PMCI (Park City Mathematics Institue)
Model Perkembangan Profesional
·         Melanjutkan belajar dan berlatih matematika
·         Menganalisa dan memperbaiki kembalipraktik dalam kelas
·         Menjadi narasumber bagi teman (kolega) dan profesinya
·         Memahami isi dari  matematika
·         Menjadikan belajar siswa sebagai tujuan pokok
·         Terpusat pada apa yang dilakukan guru saat mengajar atau praktek
·         Gunakan pengetahuan dan keahlian guru
Peranan guru dalam proses pembelajaran :
·         Berusaha memahami cara berpikir siswa
·         Membantu siswa mengartikulasikan ide mereka, baik secara lisan maupun penulisan
·          Menciptakan atmosfer kelas yang baik dan sesuai untuk siswa memikirkan pemecahan dari suatu masalah
·         Memberikan pertanyaan yang mendorong siswa berpikir lebih luas
·         Memfasilitasi diskusi kelas mengenai ide-ide penting dalam matematika

Komponen dari Pendidikan Matematika yang baik:
·         Guru yang professional
·         Seimbang antar praktik komputasi, menyelesaikan suatu masalah matematika , dan pemahaman konsep
·         Seimbang antara instruksi dan “discovery learning”
·         Buku panduan yang baik
·         Mengarahkan kebutuhan siswa dengan kompetensi yang ada dalam matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar